Memenuhi tugas MK Animasi, zaenal_arifin_ik07 27 september 2011

Untuk memenuhi tugas MK Animasi
zaenal_arifin_ik07
27 september 2011


Sejarah Animasi

Animasi merupakan suatu seni untuk membuat dan mengerakkan sebuah obyek, baik berbentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi dan dibuat menggunakan berbagai cara, misalnya menggunakan kertas, komputer dan lain sebagainya. Animasi saat ini telah menjadi industri besar yang memberikan dampak ekonomi dan sosial yang begitu besar bahkan cukup signifikasi terhadap pendapat sebuah negara.
Animasi berawal dari kontribusi hasil karya seorang yang bernama walt disney yang lahir dengan nama walter alias disney, Walt lahir di Chicago, Illinois dengan orang tua bernama Elias Disney dan Flora Call. Pada 1906, mereka semua pindah ke sebuah peternakan dekat Marceline, Missouri,amerika serikat.
Walt sejak kecil sudah memiliki hobi menggambar, khususnya gambar kartun, mulai dari sketsa hingga kartun yang berwarna. Suatu saat berawal ketika walt remaja pergi kerumah pamannya untuk berkunjung, dan berjalan-jalan untuk mencari sesuatu di ladang pamannya, disana ditemukan banyak sekali tikus-tikus ladang yang berkeliaran disekitarnya. Melihat banyaknya tikus-tikus tersebut, suatu saat terinspirasi oleh tikus-tikus tersebut dan muncul keinginan untuk menuangkan imajinasinya tersebut kedalam bentuk kartun, maka dicobalah membuat sketsa kartun yang berasal dari objek tikus yang dilihatnya. Banyaknya imajinasi yang muncul membuatnya untuk melakukan proses pencarian bentuk, bagaimana menggambarkan komponen-komponen anggota tubuh tikus tersebut agar terlihat lucu, menarik dan tidak menjiijikan.

Dari proses tersebut maka lahirlah Mickey Mouse yang merupakan cikal bakal dari kartun animasi pertama yang pernah dibuat. Awal mula bentuk mickey masih sederhana seperti gambar disamping ini. Dengan beberapa ciri tikus yang dimanipulasi seperti bentuk telinga dibuat bulat, bentuk mata yang dibuat besar hampir sebesar wajahnya, dan bentuk tubuh yang kurus ditambah atribut celana pendek yang dibuat sederhana sehingga memudahkan untuk proses produksinya. Bentuk tersebut lama-kelamaan berevolusi menjadi bentuk yang lebih detail dan bervariasi pada pakaian yang dikenakan. Pada awalnya kartun yang di buat animasinya ini tanpa suara, hanya mengandalkan gerakan objeknya saja, namun teknologi semakin berkembang dan pada akhir era 60 an akhirnya film kartun dapat diisi dengan suara.


Teori Animasi

Animasi berasal dari bahasa latin, anima, yang artinya jiwa, hidup, nyawa dan semangat. Animasi adalah gambar dua dimensi yang seolah-olah bergerak. Animasi ialah suatu seni untuk memanipulasi gambar menjadi seolah-olah hidup dan bergerak, yang terdiri dari animasi 2 dimensi maupun 3 dimensi. Animasi 2D membuat benda seolah hidup dengan mengunakan kertas atau komputer. Animasi 3D merupakan animasi yang dibuat dengan menggunakan model seperti yang berasal dari lilin, clay, boneka/marionette dan menggunakan kamera animasi yang dapat merekam frame demi frame. Ketika gambar-gambar tersebut diproyeksikan secara berurutan dan cepat, lilin atau clay boneka atau marionette tersebut akan teihat seperti hidup dan bergerak. Animasi 3D dapat juga dibuat dengan menggunakan komputer. Proses awalnya adalah membentuk model, pemberian tekstur, warna, hingga cahaya. Kemudian model tersebut diberi kerangka, warna, hingga cahaya. Kemudian model tersebut diberi kerangka dan gerakanya dirancang satu persatu. Seluruh proses pembuatannya dari awal hingga akhir dikerjakan di komputer. Contohnya film Shrek atau Final Fantasy.

KONSEP DASAR ANIMASI

Animasi menggambarkan objek yang bergerak agar kelihatan hidup. Membuat animasi berarti
menggerakkan gambar seperti kartun, tulisan dan lain-lain. Animasi mulai dikenal sejak media
televisi menyajikan gambar-gambar bergerak yang berasal dari rekaman kamera maupun hasil karya
seorang Animator. Animasi sangat baik untuk presentasi, pemodelan, dokumentasi, video klip dan
lain-lain.
Dahulu pembuatan animasi dilakukan dengan menggabungkan beberapa gambar yang bergerak
menjadi satu alur cerita yang menarik. Untuk membuat animasi selama satu durasi diperlukan jumlah
gambar (Frame) yang cukup banyak. Jumlah frame tiap detik (frame per second /fps) merupakan
satuan yang akan menghasilkan kualitas animasi. Makin banyak frame per detik, makin baik kualitas
animasi yang dihasilkan.

contoh ;

Membuat Animasi Berputar (Kipas Angin)

Tutorial kali ini tak lepas dari Kipas angin, bagaimana kita membuat kipas angin atau animasi berputar di Flash? ikuti langkah berikut ini :)
1. Siapkan Kipas angin, Lihat arah berputarnya, jangan lama-lama nanti pusing, wkwkwk....
2. Nyalakan komputer dan buka program Flash, Disini saya memakai Adobe Flash CS 4
3. Buat Object 2 buah segitiga + 1 Buah object lingkaran di Lembar kerja flash
Caranya:
Untuk membuat Segitiga gunakan PolyStar Tool pada toolbar , Untuk Pengaturan gunakan Style: Polygon, Number Of Side: 3
Untuk membuat Lingkaran gunakan Oval Tool dan tekan dan tahan tombol shift agar lingkaran bulat sempurna
[Image]


Petunjuk Gambar IG

4. Atur gambar sehingga membentuk Sebuah baling baling kipas dan seleksi semuanya lalu tekan CTRL + G (Group) untuk menggabungkan 3 object tersebut menjadi 1 kesatuan

[Image]


Petunjuk Gambar IG

5. Sekarang waktunya membuat Frame pada Layer 1 klik Frame 50 dan pilih insert Frame
[Image]

Petunjuk Gambar IG

6. Masih di Frame 50, klik kanan lagi dan sekarang pilih Create Classic Tween

7. Pada Properties, atur Tweening , pilih Rotate: CW (Searah jarum jam)
[Image]

Petunjuk Gambar IG

Setelah selesai, tekan F6 di frame 50 untuk memunculkan keyframe
[Image]

Selesai